RSS

PROFIL MUSLIMAH

01 Apr

Muslimah shalilah sosok yang memiliki kedudukan yang mulia. Di dunia, ia akan menjadi cahaya bagi keluarganya dan berperan melahirkan generasi dambaan. Jika ia wafat, Allah akan menjadikannya bidadari di surga. Kemuliaan muslimah shalihah digambarkan Rasulullah Saw. dalam sabdanya, “Dunia ini adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah”. (HR. Muslim).

Muslimah shalihah terbentuk dari potensi fitrah yang ruhaniyah, fikriyah, dan jasadiyahnya tunduk pada aturan Allah dan RasulNya dan bisa menjalankan peranannya (menyangkut haq dan kewajiban) dengan baik dan benar, sehingga Allah ridha atasnya

Profil muslimah yang berdasarkan Al Qur’an dan Sunnah memiliki aqidah yang bersih, memiliki keimanan dan tauhid yang kuat. Selain itu, hendaknya seorang muslimah senantiasa memperbaharui akhlaknya, membuang perilaku buruk dan menghiasi diri dengan perbuatan mulia. Kesehatan jasmani dan ruhani juga merupakan aspek yang harus senantiasa dijaga oleh seorang muslimah.

Seiring dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, intelek dalam berfikir merupakan salah satu sisi pribadi muslimah yang juga penting, karena salah satu sifat Rasul adalah fatonah (cerdas).

Dalam kehidupan bermasyarakat, seorang muslimah selalu memberikan manfaat kepada orang lain.Manfaat yang dimaksud tentu saja manfaat yang baik sehingga dimanapun dia berada, orang disekitarnya merasakan keberadaan. Ia selalu peduli terhadap lingkungannya, selalu membuka mata dan telinga untuk mengetahui kondisi lingkungannya, berusaha menjadi anashir tagyiir (unsur perubah) dalam lingkungannya, selalu mengupayakan lingkungannya menjadi lebih baik.

Untuk menuju profil muslimah sejati harus kembali kepada fitrah, kepada Al-Islam secara utuh (QS Al-Baqarah: 208). Wanita Islam harus kembali kepada fungsi dan tidak mengabaikan begitu saja peran besar sebagai seorang hamba Allah, sebagai seorang istri, sebagai ibu, sebagai warga masyarakat, dan sebagai da’iyyah. Wanita Islam harus kembali menghidupkan sosok muslimah-muslimah sejati di zaman Rasulullah dan menjadikannya sebagai teladan.

 
1 Comment

Posted by on April 1, 2010 in Artikel

 

One response to “PROFIL MUSLIMAH

  1. damzone89

    April 3, 2010 at 1:00 pm

    subhanallah….
    artikel bagus…

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: