RSS

Resensi Drama Jepang: Antique

Awal ketertarikanku untuk menonton drama ini adalah karena ada salah satu artis jepang favoritku yaitu Fujiki Naohito yang turut bermain dalam drama ini :D. Drama komedi yang ceritanya berdasarkan komik Antique Bakery ini mengisahkan tentang empat orang pria yang bekerja di sebuah toko kue bernama Antique. Mereka berempat memiliki kepribadian-kepribadian unik dan lucu. Meski drama ini bergenre komedi, banyak beberapa adegan yang membuatku terharu dan terenyuh. Hehe…

drama antique versi jepang

antique bakery versi manga

Pemain:

Tachibana Keiichiro yang diperankan oleh Shiina Kippei adalah boss atau pemilik dari toko kue Antique ini. Dia berasal dari keluarga kaya dan sangat dilindungi keluarganya karena pernah diculik pada masa kecilnya.

Tachibana Keiichiro (Shiina Kippei)

Ono Yosuke yang diperankan oleh Fujiki Naohito merupakan seorang master pembuat cake yang genius dan pernah belajar di Prancis. Pribadinya cenderung pendiam, misterius, dan cenderung menjauhi perempuan dikarenakan masa lalunya.

my ex-boyfriend Ono Yosuke (Fujiki Naohito) he.. hee

Kobayakawa Chikage (Abe Hiroshi), saat masih kecil dia merupakan seorang bodyguard yang melindungi Tachibana Keiichiro (Shiina Kippei) yang pernah diculik oleh seorang penjahat. Dia satu-satunya anggota Antique yang sudah mempunyai anak namun bercerai dengan istrinya.

Kobayakawa Chikage (Abe Hiroshi)

Kanda Eiji (Takizawa Hideaki), orang termuda diantara anggota Antique lainnya. Dia merupakan seorang mantan petinju yang sangat menyukai cake dan begitu bersemangat belajar membuat cake pada Ono Yosuke (Fujiki Naohito).

Kanda Eiji (Takizawa Hideaki)

Dan satu lagi tambahan……..
Momoko (Koyuki) yang pernah bermain dalam film The Last Samurai bersama Tom Cruise merupakan seorang repoter berita olahraga yang menggemari petinju Kanda Eiji (Takizawa Hideaki) dan berobsesi untuk mewawancarai petinju tersebut. Namun saat menyelidiki Kanda Eiji dia bertemu dan jatuh cinta pada Ono Yosuke (Fujiki Naohito).

Momoko (Koyuki)

Cerita tentang Antique ini juga ada dalam versi korea. Hmm.. Jadi penasaran juga pengen nonton. Tapi pokoknya drama Antique versi Jepang ini menarik dan lucu untuk ditonton. Percaya deh 😀

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on March 27, 2011 in Resensi Drama

 

One of my dreams :)

Salah satu dari mimpi yang selama ini ingin kucapai adalah menjadi komikus ala jepang (mangaka).. aku ingin membuat suatu karya berupa komik.. entahlah, sejak kecil aku begitu menyukai seni menggambar.. dan dari kecil aku suka membuat berbagai komik.. tapi karena sifatku yang cepat bosan dan agak pemalas (agak?), mimpiku ini belum pernah tercapai..

Berikut adalah beberapa hasil karyaku..


light yagami – death note

a hat girl.. hehe

Yupz.. inilah beberapa karyaku.. masih amatiran.. tapi aku akan berusaha untuk terus belajar.. hehe..

Mohon do’anya aja kawan2.. semoga mimpiku ini bisa tercapai..

Arigatou gozaimasu 😀

 
2 Comments

Posted by on March 20, 2011 in Uncategorized

 

All about Japan

Segala sesuatu yang ada di Negara Jepang selalu membuat saya terpesona, terutama dari segi budaya, teknologi, dan sejarah. Sebagian pemusik Jepang pun saya sukai, seperti Laruku, TM Revolution, Hyde, dll. Tapi sebenarnya, hal yang paling saya sukai dari negara Jepang adalah Manga, yang berarti komik. Dan jauh dari dalam lubuk hati, saya sebenarnya ingin jadi seorang mangaka (komikus), untuk itulah sekarang saya lagi rajin-rajinnya belajar menggambar ala komik Jepang 🙂

Meski Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki teknologi tinggi, namun budayanya begitu melekat kuat. Salah satu budaya Jepang adalah Kimono. Kimono (着物?) merupakan pakaian tradisional Jepang. Arti harfiah kimono adalah baju atau sesuatu yang dikenakan (ki berarti pakai, dan mono berarti barang).

a girl in kimono

Kemudian budaya Jepang lain yang cukup terkenal adalah Shimin Matsuri, merupakan sebutan untuk matsuri (festival) yang diselenggarakan pemerintah daerah atau kelompok warga kota dengan maksud untuk menghidupkan perekonomian daerah dan umumnya tidak berhubungan dengan institusi keagamaan.

Sountrack beberapa Anime yang enak didengar membuat saya jadi tahu dan suka beberapa pemusik Jepang. Salah satu band fav saya adalah Laruku yang salah satu lagunya pernah jadi OST Samurai X.

L'Arc en Ciel

Ini dia, anime terfavorit!

Death Note ..

school rumble

Samurai X

Saya pun ingin merasakan indahnya musim semi di Jepang, yang konon katanya sangat indah… Hmm Spring Has Come!!

musim semi yang indah 🙂

Satu hal yang tidak saya sukai dari Jepang adalah ketika pimpinan-pimpinan negara tersebut menjajah Indonesia 😦

 
Leave a comment

Posted by on January 17, 2011 in Uncategorized

 

DaRi BeNci jaDi suKa :p

Akhir-akhir ini ada kebiasaan aneh yang gw lakuin.. yaitu nonton sinetron Putri yang Ditukar. hihihi LOL. Padahal dulu anti banget tuh sama yang namanya sinetron. Berawal dari acara kumpul2 keluarga besar di rumah gw, ternyata sebagian besar keluarga besar gw dari mulai nenek sampe kakak gw sendiri suka sama itu sinetron, ya mau tidak mau gw ya ikut nonton tu sinetron. Eh waktu pertama nonton jadi mulai suka, apalagi ngeliat akting Pak Prabu Wijaya (Atalarik Syach) yang keren, padahal gw gak liat itu sinetron dari episode pertama. Btw, gw juga jadi suka sama akting Nikita Willy, padahal dulu gw gak “ngeh” tuh sama si Nikita.

Sinetron Putri yang ditukar

Inti ceritanya bagus, dan cukup bikin penasaran. Tapi banyak adegan yang tidak perlu dan diulang-ulang, terkadang juga lebay (mungkin itu ciri khas sinetron). Awas aja kalau episodenya terlalu lama, bisa-bisa jadi bosan gw!

Apakah gw bakal jadi penonton setia sinetron ini? kita lihat saja nanti. 🙂

Nikita Willy sebagai Amira

Amira, pemeran utama: cantik, baik, sederhana, pantang menyerah, tapi juga terkadang oon hihihi

Rezki sebagai Rizki


Rizki: slengean, ceplas ceplos

yasmine sebagai zahira


Zahira: cantik, baik, tapi lemah hihi

Atalarik sebagai Prabu


Prabu: galak, tempramen, sombong, tapi sebenarnya dia baik

ingin tahu lebih lengkap tentang sinetron ini? 😀
http://helloskyblu.blogspot.com/2010/09/sinetron-putri-yang-ditukar-mula.html

 
5 Comments

Posted by on December 1, 2010 in iseng-iseng

 

7 November (Tentang Ayah)

Aku tahu hari ini tanggal 7 November, tak usahlah aku memastikan hal itu dengan melihat kalender. Dari semenjak bangun pagi, pikiranku terus terngiang akan kejadian 2 tahun yang lalu, tepat tanggal 7 November.

Kuraih pas foto yang tergantung di kamarku, itu foto ayah dan ibuku ketika mereka masih muda. Aku tersenyum tapi kemudian menangis melihat foto itu.

Ayah, engkau memang bukan seseorang yang terkenal, engkau bukanlah superstar, tapi dari hari ke hari aku semakin mengagumimu. Engkau adalah pahlawanku. Engkau adalah panutanku. Engkau adalah motivasiku. Kecintaanmu terhadap keluarga begitu besar. Disiplin, kerja keras, sederhana, penyabar dan demokratis adalah cirimu. Terkadang humormu sering membuatku marah, tapi aku tahu engkau hanya bermaksud menyenangkanku.

Tepat tanggal 7 November dua tahun yang lalu, engkau meninggalkan kami yang begitu mencintaimu.

Rindu dan do’a selalu ada untukmu, ayah.

 
1 Comment

Posted by on November 8, 2010 in Artikel

 

Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

Usaha Kecil dan Menengah disingkat UKM adalah sebuah istilah yang mengacu ke jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Dan usaha yang berdiri sendiri. Menurut Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil adalah: “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.”
1. Kriteria usaha kecil menurut UU No. 9 tahun 1995 adalah sebagai berikut: Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp. 200.000.000,- (Dua Ratus Juta Rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha
2. Memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp. 1.000.000.000,- (Satu Miliar Rupiah).
3. Milik Warga Negara Indonesia
4. Berdiri sendiri, bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang tidak dimiliki, dikuasai, atau berafiliasi baik langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Menengah atau Usaha Besar
5. Berbentuk usaha orang perorangan , badan usaha yang tidak berbadan hukum, atau badan usaha yang berbadan hukum, termasuk koperasi.
Pemerintah Indonesia, membina UKM melalui Dinas Koperasi dan UKM, di masing-masing Provinsi atau Kabupaten/Kota.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Tumbuhnya UKM
1. Internal
a. Tidak rentan terhadap gejolak perubahan ekonomi (masa krisis)
b. Mudah masuk dan keluar (mudah dan cepat berganti bidang usaha)
c. Bersubtitusi dengan laju pertumbuhan investasi (investasi naik jadi buruh, investasi naik jadi petani/pedagang)
2. Eksternal
a. Kebijakan pemerintah dalam pemberdayaan UKM
b. Persaingan (kualitas, waktu, teknologi)

Tantangan Akuntansi UKM
1. UKM tidak memiliki sistem informasi akuntansi yang memadai
2. UKM tidak mampu membuat laporan keuangan yang sesuai dengan PSAK yang semakin rumit
3. Tanpa laporan keuangan yang sesuai dengan PSAK, UKM tidak bisa mengajukan kredit ke perbankan
4. UKM membutuhkan bantuan universitas dalam membuat laporan keuangan.

UKM dalam Menghadapi Pasar Bebas
Tidak adanya hambatan buatan (hambatan yang diterapkan pemerintah) dalam perdagangan untuk individual-individual dan perusahaan-perusahaan yang berada di negara yang berbeda, sehingga perdagangan internasional yang sering dibatasi oleh berbagai pajak Negara, biaya tambahan yang diterapkan pada barang eksport dan import, ini akan ditolak oleh perdagangan bebas.

Dampak Perdagangan Bebas
1. memungkinkan adanya kenaikan eksport Indonesia jika peluang yang ada benar-benar dimanfaatkan.
2. industri Indonesia akan babak belur karena kalah bersaing dengan barang Negara ASEAN, China yang terkenal murah.

Kapasitas UKM dalam Persaingan Bebas
1. Tantangan
• Banyak/bervariasi bisnis UKM
• Mayoritas skala ekonominya rendah dan tersebar
2. Peluang
• UKM mempunyai potensi mandiri
• Walaupun terbatas, namun punya jaringan baik domestic maupun eksport
• Melalui model kemitraan

Langkah Kebijakan Pemerintah dalam Pengembangan UKM
1. Penciptaan Iklim Usaha
• Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah
 Pasal 12
Perijinan Usaha (membebaskan biaya perijinan bagi usaha mikro)
 Pasal 13
Menetapkan bidang usaha yang dicanangkan untuk usaha mikro, kecil, dan menengah.
2. Pembinaan dan pemberdayaan UKM
• Program Dana Bergulir (melalui lembaga keuangan koperasi: KSP/USP, KJKS/UJKS
• Program Bantuan Sosial
• Program Perluasan Pelayanan KUR (20 triliun)
• Pemasyarakatan Kewirausahaan dan Pengembangan Wirausaha Baru
• Pengembangan Tempat Praktek Keterampilan Usaha
• Pengembangan Pasar Tradisional oleh Koperasi
• LPBD (Lembaga Pendanaan Dana Bergulir)
3. Insentif bagi UKM
• Untuk promosi dagang ke luar negeri
• Kemitraan usaha besar dengan usaha kecil
• Keringanan pajak atas barang dan jasa UKM
• Bunga bagi tabungan dan simpanan koperasi

4. Peran dari Pemerintah Daerah
Pembagian kewenangan Pemerintah Daerah, Provinsi, Kabupaten/Kota
• Peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 38 tahun 2007 tentang pembagian urusan pemerintah, pemerintah daerah, provinsi dan pemerintah daerah kabupaten dan kota.

 
1 Comment

Posted by on October 26, 2010 in Akuntansi

 

Aku dan Secangkir Kopi

Semburat cahaya matahari di kota Yogyakarta begitu menyejukan. Hawa pagi ini terasa begitu sama dengan apa yang kualami beberapa tahun silam. Beberapa anak kecil tampak sudah mengayuh sepedanya untuk pergi ke sekolah. Seorang ibu penjual gudeg tampak bersiap-siap menuju tempat dagangannya. Kota Yogya memang banyak memberikanku kenangan, kenangan indah tepatnya.

Setelah cukup lama terdiam di depan jendela, aku melangkah ke dapur. Mataku tertuju pada sebuah cangkir berwarna putih tulang. Cangkir itu biasa digunakan almarhum kakek untuk menikmati kopi hitam kesukaannya. Aku dan kakek sama-sama menyukai kopi. Kakek menyukai kopi hitam tanpa gula, sedangkan aku menyukai kopi yang dicampur dengan krimmer. Kopi banyak berjasa padaku, kopi telah mendekatkan hubunganku dengan almarhum kakek. Aku dan kakek bisa mengobrol berjam-jam sambil menikmati kopi.

Hal terindah saat aku dengan kakek adalah ketika menikmati kopi ketika pagi hari di suatu puncak. Menikmati kopi, mengobrol, sambil sesekali membidikkan kamera memberikan suatu sensasi tersendiri. Aku seringkali membicarakan keinginanku untuk menjadi seorang fotografer pada kakek. Aku selalu bersemangat kalau membicarakan hal itu. Sedangkan kakek selalu bersemangat menceritakan pejuang-pejuang kemerdekaan ketika zaman dulu. Namun beliau bisa terlihat marah kalau membicarakan tentang politik dan pemerintahan.
Yogyakarta, kopi, almarhum kakek, fotografi adalah hal-hal yang selama ini aku rindukan. Bertahun-tahun tinggal di Jakarta untuk menimba ilmu di kedokteran membuat diriku agak stress. Sampai saat ini aku belum juga lulus, sedangkan teman-temanku yang seangkatan baru saja lulus. Hal itu membuatku semakin tidak bersemangat untuk masuk kuliah. Meskipun orangtuaku selalu memotivasiku untuk tetap bertahan, aku malah merasa semakin tertekan. Sudah kukatakan berulangkali pada mereka, aku berbeda dengan kakak-kakakku yang kini bekerja sebagai dokter.
HP-ku tiba-tiba bergetar. Ada SMS dari seorang teman lamaku.
***
“Assalamu’alaikum, Pak Dokter! Wah-wah tambah ganteng aja sekarang, hahahaha!” Dimas menjabat tanganku dengan erat dan kemudian menepuk-nepuk pundakku.
“Wa’alaikumsalam. Dimas, Dimas kau ini bisa saja. Aku belum lulus, bro!”
Menikmati kopi dengan teman lamaku di pagi ini membuatku sangat senang. Dimas sengaja berkunjung ke rumahku, kami sudah bertahun-tahun lamanya tidak bertemu.
“Aku juga belum lulus, zal. Kemaren sempat cuti seta…” tiba-tiba Dimas berhenti berbicara saat dia melihat layar laptopku.
“Kenapa?” tanyaku heran sambil ikut melihat layar laptopku.
“Bro, ini foto-foto hasil karyamu?” dengan semangat Dimass mengambil laptopku.
“Iya. Memangnya kenapa?”
“Jujur, aku suka karya-karyamu yang semakin bagus. Meskipun aku awam tentang fotografi, tapi aku tahu di setiap foto-fotomu mengandung sebuah pesan. Foto-fotomu berkarakter dan bisa menimbulkan kesan yang kuat pada orang yang melihatnya.”
“Masa sih?”
“Beneran! Kebetulan kampusku akan mengadakan lomba fotografi, pokoknya kamu harus ikut, Zal! Jangan lewatkan kesempatan ini. ” ujar Dimas yang tampak begitu bersemangat sambil sesekali menyeruput kopinya.

***

Sudah lima bulan aku tinggal di Yogya. Kuliah benar-benar aku tinggalkan. Aku sudah terlanjur betah tinggal di Yogya, menikmati hidup dengan kerja serabutan dan sekolah fotografi. Uang dari hasil lomba sudah habis, sekolah fotografi mahalnya bukan main.

Banyak hal yang aku sesalkan dalam hidup ini. Aku terlalu banyak mengecewakan orang tua, aku tidak bisa memenuhi apa yang mereka inginkan. Sudah banyak biaya yang mereka keluarkan untuk menyekolahkanku di kedokteran. Tapi inilah jalan yang kupilih. Pernah menjuarai lomba fotografi mungkin bisa membuat mereka sedikit bangga. Hidup mandiri dan sekolah fotografi dengan biaya sendiri mungkin bisa membuat mereka sedikit percaya padaku.

***

1 tahun kemudian
Dimas tersinyum simpul saat membuka foto album pernikahannya. Dia menepuk pundakku dengan semangat dan berkata:
“Semoga studio fotomu senantiasa sukses, Bro! Suatu saat nanti kita ngopi bareng lagi ya”

By Trisma Oktavia
Tasikmalaya, 20-10-2010

 
5 Comments

Posted by on October 20, 2010 in cerpen